emas Solusi untuk Ongkos naik haji plus

Ongkos naik haji plus menggunakan emas

siadang pembaca sekalian Apabila Anda mempunyai cita-cita naik haji plus saat memasuki masa pensiun, Anda harus mulai menabung dari sekarang karena biaya naik haji plus relatif semakin mahal. Kalau kita amati dari tahun ke tahun Biaya penyelanggara travel Haji plus hampir selalu mengalami kenaikan.

ongkos naik haji plus menggunakan emasSebelum krisis moneter, pada saat nilai tukar rupiah terhadap dolar masih rendah, biaya naik haji plus pun masih dibawah angka 10 juta. Namun setelah krisis moneter menghantam Indonesia dan nilai tukar dolar melambung tinggi biaya naik haji plus pun melonjak sampai diatas 7000 USD untuk setiap jemaah.

Kalau kita hitung dengan nilai rupiah, BPIH memang melonjak jauh karena sebagian besar komponen biaya memang dikeluarkan di luar negeri yang menggunakan mata uang dolaramerika  sebagai standar. Ketika nilai tukar rupiah melemah, maka biayanya ibadah haji plus pun menjadi tambah mahal.

Tentu saja fluktuasi harga ini akan menyulitkan untuk melakukan perkiraan berapa biayanya beberapa tahun yang akan datang jika kita ingin menyiapkan dananya dari sekarang. Oleh karena itu dalam merencanakan biaya Ongkos naik haji plus  gunakanlah perkiraan harga dalam bentuk emas.

Lantas Kenapa perkiraan biaya naik haji plus harus menggunakan emas ?

Agar lebih jelas, mari kita bandingkan perhitungan BPIH dengan menggunakan mata uang rupiah, dollar As dan dinar emas. Data yang digunakan dalam perbandingan ini adalah data BPIH untuk Zona II yaitu Jakarta, Surabaya dan Solo yang berada di zona tengah.

BPIH selama 2005 – 2008 dalam mata uang rupiah selalu mengalami kenaikan rata-rata 9 persen dan dalam dolar AS rata-rata naik 6,25 persen setiap tahun. Hal ini berbeda jika biaya haji dihitung dengan dinar emas. BPIH selama 2005 – 2008 dalam dinar emas justru turun rata-rata 10,25 persen. Jadi ongkos naik haji dari tahun ke tahun dalam dinar menjadi semakin murah.BPIH 2005 dalam dinar emas adalah 46 dinar, turun menjadi 34 dinar (2006), turun lagi menjadi 31 dinar (2007) dan turun lagi menjadi 27 dinar tahun 2008. Tingkat penurunannya berturut adalah 26 persen, 8 persen dan 12 persen. Perbedaan biaya dalam rentang empat tahun antara 2005 dan 2008 menunjukkan penurunan BPIH dalam dinar sebesar41 persen (dari 46 dinar pada tahun 2005 ke 27 dinar pada 2008). Sementara dalam rupiah justru naik 36 persen (dari Rp. 23,2 juta ke Rp. 31,6 juta) dan dalam dolar AS naik 25 persen (dari 2.730 dolar AS ke 3.430 dolar AS).

Karena emas memiliki nilai yang stabil jika dibandingkan dengan kenaikan harga (inflasi) dan juga stabil jika dibandingkan dengan nilai mata uang asing, emas bisa menjadialat investasi yang efektif untuk menyiapkan dana untuk ongkos naik ibadah haji plus .

Tinggalkan komentar

Filed under Tips Haji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s